Engineering; Game; Sosial; Blogging; Lingkungan; Kuliah; Psikologi Populer; Download; Sejarah; Film; Umum| SELAMAT DATANG DI GUNARMAN.BLOGSPOT.COM| Blog kecil padat informasi|

Minggu, 14 Juni 2015

Cara Mendapatkan Gaya Tulisan yang Menarik

Sebelum jauh membahas ada baiknya kita samakan dulu pendapat bahwa daya tarik tulisan kita hanya bisa dimengerti orang yang memang hobi genre kita. Misalnya kalau penggemar cerpen pasti mudah bagi mereka untuk membedakan cerita yang bagus atau standar. Tulisan yang luar biasa adalah tulisan yang mampu menarik pembaca non genre kita atau bahkan orang yang tidak hobi baca. Tapi terlepas dari relativitas penilaian orang terhadap tulisan kita, kriteria tulisan yang menarik tetaplah sama, yaitu jelas/tepat menggambarkan apa yang dipikirkan penulisnya. Ini sebab tulisan adalah cara lain dari bebicara. Jika komunikasi verbal bisa cenderung mudah ditangkap karena bantuan visual, namun tulisan justru lebih sulit karena murni hanya berisi rangkaian kata.

            Tulisan yang bagus adalah tulisan yang idenya utuh alias koheren dari awal hingga akhir. Contohnya seperti ketika anda mendeskripsikan morfologi daun jambu. (1) Anda harus fokus membahas perbandingan morfologi daun jambu dengan daun tanaman lain tapi, jangan melebar dengan menulis detail soal masing-masing tanaman yang jadi bahan perbandingan! Tipsnya adalah dengan membuat kerangka tulisan terlebih dulu. Setelah kerangkanya jadi, tinggal anda kembangkan tiap poin dengan 5W+1H namun, sekalin lagi tetap harus fokus pada bahasan! (2) Perbanyaklah membaca referensi bagus! Karena penulis yang baik pastilah pembaca yang baik. Awalnya mungkin tulisan akan mirip referensi anda tapi lama-kelamaan gaya khas anda bakal tumbuh. (3) Kuncinya adalah banyak berlatih dan senantiasa berusaha melampaui kualitas tulisan anda yang kemarin. (4) Perbanyak membaca ulang tulisan anda sebelum dipublikasi! Pastikan semuanya telah sesuai standar tertinggi anda! Jangan berpikir, “... yang penting jadi”! (5) Jangan pernah puas pada karya anda saat ini! Cobalah ikuti beberapa kontes menulis untuk mengukur kemajuan anda!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar