Engineering; Game; Sosial; Blogging; Lingkungan; Kuliah; Psikologi Populer; Download; Sejarah; Film; Umum| SELAMAT DATANG DI GUNARMAN.BLOGSPOT.COM| Blog kecil padat informasi|

Kamis, 25 Juni 2015

Cara Mengukur Usia Mental

Pemahaman tentang usia mental merupakan kajian dalam psikologi perkembangan. Usia mental adalah komponen penentu intelegensi atau IQ. Tinggi atau tidaknya intelegensi ditentukan seberapa banyak rasio yang seseorang gunakan. Para pakar psikometrika mengukur intelegensi individu dewasa (di atas enam belas tahun) lewat analisa pada jawaban terhadap serangkaian soal (olah kata, numerikal, dan pola gambar). Mereka menghitung jumlah jawaban yang benar lalu mencocokannya pada indeks usia mental. Selanjutnya tinggal memasukan usia mental tersebut ke dalam rumus dan didapatkanlah nilai IQ. Rumus tersebut jika dijabarkan adalah:
di mana MA adalah mental age atau usia mental dan CA adalah calender age atau usia sesuai tanggal lahir. Misalnya seseorang memiliki usia mental (MA) dua puluh tahun dengan usia lahir (CA) sembilan belas tahun. Maka IQ orang tersebut adalah (20/19) x 100 = 105. Untuk mengetahui IQ anda silahkan ikuti tes IQ nonverbal online ini. Setelah diketahui IQ anda maka, masukkan nilai tersebut ke dalam rumus! Contoh:

Jika usia lahir anda sembilan belas tahun dan memiliki IQ 115 maka usia mental anda adalah 21,85 tahun atau dua puluh satu tahun sepuluh bulan. Ini artinya anda saat ini berpikir lebih maju daripada usia lahir. Intelegensi bisa menurun atau naik sepanjang waktu. Jadi, jika anda menguji IQ pada usia sembilan belas maka ada kemungkinan nilai tersebut berubah saat usia dua puluh empat tahun. Selain itu, hasil tes IQ juga ditentukan seberapa serius anda kala mengerjakannya. Kiatnya adalah, kerjakan tes IQ dengan konsentrasi yang penuh lagi stabil!


Sumber:
Sarwono, Sarlito (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar