Engineering; Game; Sosial; Blogging; Lingkungan; Kuliah; Psikologi Populer; Download; Sejarah; Film; Umum| SELAMAT DATANG DI GUNARMAN.BLOGSPOT.COM| Blog kecil padat informasi|

Rabu, 10 Juni 2015

Pentingnya Newbie Bagi Sebuah Game Online

Bagi gamer status Newbie atau orang yang baru mulai memainkan suatu game (beginner) adalah hal yang cenderung hina. Newbie dianggap sebagai pemain yang lemah. Newbie juga dikeluhkan banyak pemain senior lantaran mereka sering menghujat saat dikalahkan pemain lain. Newbie kerap diejek karena kelewat banyak tanya tentang seluk-beluk game. Kebiasaan barusan dianggap beberapa pemain senior sebagai kebodohan karena Newbie malas mencari tahu sendiri. Newbie juga banyak yang ingin feature game serba gratis. Newbie ingin jadi jago hanya dalam sekejap bermain.

            Terlepas dari segudang kekonyolan Newbie, sebenarnya mereka adalah inti dari perkembangan sebuah game online. Kenapa? Sebab, walaupun game online yang punya banyak Newbie dianggap agak mengesalkan tapi, ini merupakan sinyal positif dari sisi bisnis. Game online menyediakan akses dengan dua cara: ada yang dengan pay to play (P2P) atau membeli dulu baru bisa main, maupun free to play (F2P) atau gratis langsung bisa dimainkan. Game online P2P mengharuskan calon pemain untuk membeli paket installer mereka sebelum kita boleh memainkan sedangkan game F2P tidak. Game online F2P ada yang berbasis browser, jadi kita tidak perlu mendownload paket installer dan dapat langsung dimainkan di browser. Game F2P juga ada yang versi client.exe atau stand alone, jadi kita harus mendownload dulu paket installer mereka lalu diinstal dan setelahnya baru bisa dimainkan.

            Baik game online P2P atau F2P sama-sama mengandalkan pay to win (P2W) features untuk meraup untung dari para pemain. Game online sekuat tenaga menstimulasi pemain untuk membeli features yang dapat mempermudah beragam kegiatan karakter game mereka. Dalam ilmu pemasaran banyaknya pembeli salah satunya ditentukan sebesar apa prospek yang dimiliki suatu produk. Perusahaan harus mampu mengonversi sebanyak mungkin prospek menjadi pembeli baru (first time buyer). Prospek inilah yang dalam game online disebut Newbie. Game online yang sukses akan mampu mendorong pembeli baru jadi pembeli berulang (repeat buyer). Selanjutnya semua pembeli berulang yang mendapat layanan plus dari perusahaan disebut sebagai klien. Makin banyak Newbie suatu game online maka kian besar pula kemungkinan untuk mengundang pembeli berulang. Itulah kenapa selain promosi game online juga memberi sederet bonus features bagi Newbie supaya, ketika bonus itu habis para Newbie akan berpikir untuk membelinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar