Engineering; Game; Sosial; Blogging; Lingkungan; Kuliah; Psikologi Populer; Download; Sejarah; Film; Umum| SELAMAT DATANG DI GUNARMAN.BLOGSPOT.COM| Blog kecil padat informasi|

Minggu, 08 Februari 2015

Beda Blogger Dengan Penulis

Penulis adalah individu yang hobi atau pekerjaan utamanya mengarang atau menggubah. Penulis bukan juru tulis, ketik, atau ahli penerjemahan tekstual dan transkripsi verbatim. Penulis pun pada dasarnya adalah pembaca. Penulis belum tentu blogger dan begitupun sebaliknya. Blog sebenarnya merupakan halaman/catatan pribadi yang terletak dalam jaringan (on line). Bentuk primordial blog bisa kita lihat pada Twitter dan Facebook. Bila antar web blog terpisah oleh url sehingga interaksi sosial terbatas dalam blog bersangkutan tapi blog pada konteks media sosial bisa dibaca dan dikomentari semua orang karena tulisan individu hanya dibedakan akun dan terletak berderet di satu halaman atau lini masa (time line) bersama dengan tulisan teman lainnya. Nilai personal tulisan media sosial sebatas akun sedangkan blog bisa lebih eksploratif lantaran melibatkan desain halaman, tata letak, pilihan font, dst.
            Blogger yang hanya meng-copy-paste teks untuk memenuhi jatah posting tidak bisa disebut penulis. Blogger yang semata menyediakan halaman atau tautan download juga tidak bisa digolongkan sebagai penulis. Blogger dan penulis sama-sama menerbitkan karya. Penulis ada yang mulai berlatih di blog untuk mengasah skil menulis. Biasanya ciri mereka ialah: (1) konsisten pada suatu tema, (2) disiplin mem-posting, (3) cenderung menyukai artikel panjang, dan (4) menjaga orisinalitas. Sebagian blogger memiliki ciri ini walau awalnya mereka tidak berniat jadi penulis. Penulis tulen lebih mementingkan kedalaman materi tulisannya sedangkan blogger walau beberapa ada yang begitu namun mereka cenderung pula memerhatikan aspek visual blog. Dengan kata lain, untuk menarik pembaca para blogger lazim mengimbuhi tulisan dengan ilustrasi multimedia. Gaya ini jelas cocok karena internet adalah dunia di mana pengalih perhatian hadir amat banyak sehingga dibutuhkan suatu kelebihan untuk mempertahankan minat para pembaca.