Engineering; Game; Sosial; Blogging; Lingkungan; Kuliah; Psikologi Populer; Download; Sejarah; Film; Umum| SELAMAT DATANG DI GUNARMAN.BLOGSPOT.COM| Blog kecil padat informasi|

Selasa, 17 Februari 2015

Sejarah Singkat Lagu Kebangsaan Jerman

Tiga alinea lirik Das Deutschlandlied
Lagu yang dikenal sebagai Das Deutschlandlied atau Das Lied Der Deutschen musiknya digubah oleh Joseph Haydn pada 1797 sebagai lagu wajib bagi ulang tahun Kaisar Austria Francis II sedangkan syairnya ditulis oleh August Heinrich Hoffmann von Fallersleben pada 1841. Das Deutschlandlied kuat diingat karena nadanya yang bersemangat dan lirik “Deutschland über alles” yang berarti Jerman di atas segalanya. Deutschland über alles mewakili semangat revolusioneris liberal di abad 19 untuk menyatukan Jerman yang kala itu terbagi-bagi ke dalam 35 negara monarki dan 4 republik kota yang merdeka.


            Lirik “Deutschland über alles ... über alles in der welt” yang berarti Jerman di atas segalanya ... di atas segalanya di dunia ini yang muncul di beberapa kerajaan Jerman merupakan dorongan agar rakyat lebih mengutamakan persatuan Jerman ketimbang kemerdekaan negara kecil mereka. Pada alinea ketiga, lirik “Einigkeit und recht und freiheit” yang berarti kesatuan dan keadilan dan kebebasan adalah ungkapan harapan August Heinrich Hoffman akan persatuan dan kebebasan Jerman di mana kekuasaan hukum, bukannya arbitrasi kerajaan, berlaku. Das Deutschlandlied dipilih sebagai lagu kebangsaan Jerman pada 1922 di masa Republik Weimar. Selama era Third Reich, Das Deutschlandlied hanya dinyanyikan alinea pertamanya saja.


            Setelah PD II simbol NAZI dan mengumandangkan alinea pertama Das Deutschlandlied dilarang oleh sekutu. Jerman Barat kemudian pada 29 April 1952 secara resmi menggunakan alinea ketiga Das Deutschlandlied sebagai lagu kebangsaan sedangkan Jerman Timur memilih lagu kebangsaannya sendiri yaitu Auferstanden auf Ruinen. Setelah reunifikasi, pada November 1991 Jerman menetapkan alinea ketiga Das Deutschlandlied sebagai lagu resmi kebangsaan.

Alinea Pertama
Deutschland, Deutschland über alles,
Über alles in der Welt,
Wenn es stets zu Schutz und Trutze
Brüderlich zusammenhält.
Von der Maas bis an die Memel,
Von der Etsch bis an den Belt,
Deutschland, Deutschland über alles,
Über alles in der Welt!

Alinea Kedua
Deutsche Frauen, deutsche Treue,
Deutscher Wein und deutscher Sang
Sollen in der Welt behalten
Ihren alten schönen Klang,
Uns zu edler Tat begeistern
Unser ganzes Leben lang.
 Deutsche Frauen, deutsche Treue,
  Deutscher Wein und deutscher Sang!

Alinea Ketiga
Einigkeit und Recht und Freiheit
Für das deutsche Vaterland!
Danach lasst uns alle streben
Brüderlich mit Herz und Hand!
Einigkeit und Recht und Freiheit
Sind des Glückes Unterpfand;
 Blüh' im Glanze dieses Glückes,
Blühe, deutsches Vaterland!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar